Sabtu, 23 Januari 2016

ICT Pembelajaran Matematika

ICT Pembelajaran lebih dikenal dengan istilah e-learning. E- learning adalah pembelajaran yang menggunakan tekhnologi komunikasi dan informasi (TIK ) untuk mentrnsformasikan proses pembelajaran antara pengajar dan peserta didik.

Karakteristik dari e- learning adalah :

berpusat pada peserta didik 
bahan pelajaran mudah up to date/mudah di up date
bahan pembelajaran bercirikan multimedia
belajar secara bebas tanpa merasa tertekan
dapat didesain untuk menyimpan catatan prestasi : umpan balik, pengayaan, evaluasi akhir, dll.

Integrasi ICT - Pedagogy :

penggunaan ICT pada ekspository Based Learning. Pada metode ekspository based learning atau pembelajaran berbasis ceramah, ICT digunakan :

  1. Ketika Guru hendak menarik atensi siswa selama pembelajaran berbasis ceramah berlangsung, caranya adalah dengan menggunakan gambar, video, animasi yang  berhubungan dengan dunia nyata yang berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari.
  2. Pada Tahap selanjutnya adalah introduksi, caranya adalah menyampaikan informasi menggunakan presentasi, tutorial, simulasi dan demonstrasi kepada peserta didik.
  3. Tahapan Drill atau praktek,  memberikan latihan ada umpan balik langsung dengan cara menggunakan program ppt, macromedia flash player dan  CD interaktif yang berisi soal – soal latihan yang dapat segera mnmpilkan apakah jawaban benar atau  salah.        
  4.  Pada tahapan test digunakan untuk memfasilitasi penilaian. Caranya adalah Computer Assisted Tes ( CAI ), dimana siswa dihadapakan dengan computer yang berisi persoalan –  persoala yang telah di desain oleh guru  berupa desain test, administrasi tes, pengumpulan respon analisis hasil, serta pemberian umpan balik.


  Penggunaan ICT pada Inquiry Based Learning, caranya adalah :
Guru memberikan pertanyaan/problem/ tugas - tugas  yang berhubungan dengan dunia nyata
pada tahapan investigasi, gunakan untuk memfasilitasi eksperimen, ekspolarasi, pencarian informasi.
tahapan penyusunan/penyajian data gunakan untuk membuat presentasi , demonstrasi hasil
untuk tahapan diskusi gunakan untuk menyajikan demonstrasi hasil kerja
tahap kesimpulan, guru membimbing siswa untuk menarik kesimpulan.                                                                                                                                                                                                    

2 komentar: